Yuk Ketahui Sejarah Pantai Krakal Gunung Kidul Sebelum Berkunjung Kesana

Pantai Krakal menjadi satu di antara sederet wisata pantai yang dipunyai oleh kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Namanya kalah digemari banyak orang dari sekaliber pantai Parangtritis atau pantai Baron Yogyakarta. Akan tetapi tidak perlu diragukan kembali wisata pantai ini miliki narasi peristiwa pantai Krakal serta pemandangan alam yang menarik untuk diketahui.

Sejarah Pantai Krakal


Pantai yang bertempat di desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, menjadi pantai terbuat dari sistem geologi pada kawasan perbukitan kars Gunung Kidul. Di mana pada daerah itu menjadi ruangan yang unik, ter sikapnya batuan gamping pada daerah ini, diakibatkan oleh aktifitas tektonik.

Secara geografi yang absolut, area pantai Krakal ada pada 8008’51. 4” LS – 110035’43. 6” BT, maka secara administrasi terdapat pada desa Ngestirejo, Tanjungsari. Tempatnya ada ditengah tengah bentangan alam pada pantai Baron dengan pantai Pok Tunggal.

Pantai Krakal Wonosari ini ada di sisi timur dari pantai Baron dengan kisaran jarak lebih kurang 8 Km. Seandainya ditempuh dari kota Wonosari berjarak 35 Km serta mampu di lewati oleh dua jalur untuk menuju pantai Krakal, ialah jalur pertama dari arah barat melewati pantai Baron dan dari arah timur melewati kecamatan Tepus serta pantai Sundak.

Dari awal sejarah pantai krakal yogyakarta bernama " KERAKAL ", dalam bahasa Jawa yang artinya batu batuan kecil yang menyebar. Pantai ini disebut Krakal dari istilah “KERAKAL”, untuk membantu dalam pengucapan maka istilah “KERAKAL” di ubah menjadi “KRAKAL”. Disebut begitu berkat pantai itu tidak hanya bersifat hamparan pasir putih yang memanjang juga miliki banyak batu batuan sebesar telur dengan permukaan halus berwarna putih.

Nama seperti tersebut bahasan artikel cerita legenda sejarah pantai krakal gunung kidul, mudah-mudahan berfaedah menjadi ilmu dan pengetahuan para wisatawan yang akan berwisata di pantai Krakal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Remaja Kekinian Pacet Hill Outdoor Park Mojokerto Jawa Timur

Spot Foto Keren Kekinian Di wisata Ask Forest Pacet Mojokerto

Wisata Petualang Dengan Spot Kece Di Wisata Sendi Adventure Pacet